CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Senin, 01 Desember 2008

Instalasi Aplikasi server Menggunakan ClarkConnect

Langkah demi langkah sebagai berikut

1. Masukkan CD installer yang sudah siap, pastikan system melakukan proses boot dari CD, maka akan muncul tampilan layar berikut.

2. Ada dua pilihan yaitu Upgrade system atau melakukan proses instalasi awal. Silahkan isikan “linux” setelah kalimat boot. Jika anda memilih “rescue” ditujukan untuk kesalahan yang terjadi pada saat instalasi contohnya memasang HDD lebih dari satu

3. Setelah Anda mengetikkan “linux” dan menekan tombol enter maka akan muncul tampilan layar sebagai berikut

4. Jika muncul layar di samping ini anda silahkan pilih bahasa yang dugunakan pada proses instalasi kemudian tekan tab lalu tekan enter

5. Tampilan berikut adalah konfigurasi type keyboard yang kita gunakan. Pilih “us” tekan tombol tab, pada tombol OK tekan enter.

6. Tampilan berikut akan muncul jika di system Anda sudah terdapat Software ClarkConnect pada Harddisk Anda. Jika belum maka lanjutkan step berikutnya.

7. Metode instalasi apa yang kita pilih muncul pada tampilan berikut. FTP digunakan jika anda menginginkan instalasi PXE atau mendapatkan aplikasi RPM yang terbaru.

Pilih Local CDROM tab pada tombol OK lalu tekan enter.

8. Pada tahap ini adalah tahap akhir dari konfirmasi instalasi yang akan menghapus semua data pada harddisk. Isikan “linux” tekan tombol tab, lalu tekan enter pada tombol OK.

9. Ada dua pilihan untuk pada menu instalasi ini yaitu Gateway mode dan Standalone mode.

  • Gateway mode jika kita ingin menginstall system menjadi jembatan dua network dengan mengaktifkan firewall
  • Standalone mode ditujukan untuk server local network, hanya satu network card disarankan pada mode ini.

10. Berikut adalah tampilan untuk memastikan media apa yang akan kita gunakan untuk koneksi. Jika anda menggunakan Wireless card silahkan isi dengan Ethernet.

11. Berikut adalah kotak dialog untuk mengisikan IP yang diberikan oleh provider internet atau WAN jika dimasukkan untuk koneksi ke AP WAN kota.

12. Tampilan akan muncul jika kita set sebagai Gateway mode, Berikut adalah tampilan pada Ethernet ke dua, dan kita isikan dengan IP LAN.

13. Isikan nama host dan domain yang diinginkan pada kotak dialog berikut.

14. Berikut adalah tampilan konfigurasi timezone pada system. Gunakan page up dan page down untuk proses scroll cepat.

15. Isikan password yang diingikan pada kotak dialog berikut dua kali pada Password dan Verify, pastikan anda mengingatnya serta gunakan kombinasi angka dan huruf.

16. pada kotak dialog ini Harddisk akan dipartisi secara otomatis atau bisa kita lakukan partisi sesuai keinginan. Pilih “Use default” jika anda menginginkan partisi harddisk secara otomatis oleh software.

17. Pilih software instalasi yang diinginkan dengan menekan tombol spasi pada menu pilihan aplikasinya. Jika sudah arahkan ke menu OK untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

18. Pilih system layanan yang akan diberikan oleh server pada tampilan kotak dialog berikut.

19. Kotak dialog berikut memberikan konfirmasi pada Anda, apakah seluruh langkah yang tadi kita set telah benar. Jika yakin tekan enter pada tombol Done

20. Layar ini akan muncul ketika Anda sudah menekan tombol Done pada langkah sebelumnya.

21. Tampilan berikut adalah proses format pada harddisk.

22. Tampilan proses instalasi aplikasi pada system

23. Proses instalasi telah berakhir, Silahkan tekan enter untuk melakukan reboot system

24. Setelah proses reboot maka tampilan awal booting system adalah seperti gambar di samping

25. Ini adalah tampilan awal system kita yang sudah jadi, isikan password yang tadi kita set untuk memasuki system.

26. Jika Anda sudah benar memasukkan password maka tampilan berikut adah untuk menset name server kita. Jika kita gunakan panajh ke bawa maka kita bisa mengganti IP dan konfigurasi lainnya. Pada langka ini Anda juga melakukan setting dan pengaktifan DHCP server. Jika selesai mengkonfigurasi pastikan Anda sudah logoff dari system

27. Anda bisa juga melakukan setting dari console dengan menekan alt+F2 maka akan muncul tampilan berikut.

0 komentar: